NAUMATUS SUBHI 'ALA MISRI

Kalaulah secangkir teh adalah kebiasaan penduduk Mesir ketika mereka bekerja, maka tidur pagi adalah kebiasaan yang rentan dan biasa sekali mereka lakukan ketika selesai bekerja.

Kalau seandainya anda berkunjung dan hendak mengunjungi sesuatu di dinegeri Kinanah ni maka jangan lupa pilihlah waktu yang baik dan tepat, eits....maksudnya disini adalah setelah matahari mulai tinggi or mungkin setelah dzuhur. Karna sudah menjadi kebiasaan juga buat para penduduk Mesir memulai segalanya termasuk pekerjaan di waktu siang, sedang pagi harinya mereka gukanan waktu mereka tuk mengukur kasur mereka (tidur).

Mulai dari toko-toko, supermarket or bahkan lebih ironisnya ada sebagian instansi dan kantor-kantor yang memang mulai buka sekitar jam 11 or 12 siang, ini juga mungkin menjadi kebiasaan yang sangat jelek dimata para pendatang (wafidin) indonesia khususnya, yang biasanya di Indonesia mereka ketika membutuhkan sesuatu dari instansi maka meraka bisa segera mendapatkannya di waktu pagi dan menyelesaikannya di waktu siang.


Ada sebagian orang berpendapat, kalau seandainya sewaktu-waktu negara Mesir ini diserang oleh negara lain diwaktu pagi, maka jangan heran, mungkin negara Mesir akan tinggal sebuah nama dan dongeng saja. Disini mungkin sangat kelihatan sekali kekuranagan dan kelemahan yang dimiliki oleh negara Kinanah or negara para Anbiya ini, betapa tidak kebiasaan tidur pagi benar-benar telah mendarah daging didalam diri meraka yang tampa kita sadari ternyata kebiasaan ini juga telah mulai merasuki para penduduk lain yang berdomisili di Mesir.

Indah dan sungguh nikmat memang tidur diwaktu pagi ini, saya sendiri (penulis) merasakan hal yang sama, lebih lagi ketika musim dingin. Seakan kita terbawa oleh rayuan dan termakan oleh kenikmatan-kenikmatan yang yang disuguhkan oleh kasur tempat tidur dan selimut yang begitu hangatnya menemani istirahat pagi. Seakan tidak tega rasanya diri meninggalkan tempat tidur yang seakan menjanjikan sejuta kenikmatan itu.

Tapi alangkah lalai dan ruginya ketika kita benar-banar terbuai dalam rayuan yang dijanjikan oleh tepat tidur. Betapa tidak, sejuta pekerjaan bisa kita lakukan disaat pagi, mulai dari olahraga, baca qur'an, menulis ataupun yang lainnya. Dan mungkin yang lebih jeleknya lagi oleh tidur pagi ini, sarapanpun tersisihkan, sehingga tidak di herankan lagi tak ada makan pagi di Mesir, yang ada makan siang dan makan malam.

Mudah-mudah kebiasaan ini pada waktunya nanti bisa hilang dan teratasi, terutama bagi para pendatag dari Indonesia khususnya, beda Mesir beda Indonesia.

wallahu a'lam bishowab.....



Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."