Muslim Rusia Buat Alquran Raksasa

Alquran terbesar dunia juga dimiliki Muslim Rusia. Sebab, komunitas Muslim Rusia berhasil membuat Alquran seberat 800 kilogram dan berukuran 1,2 x 8 meter dengan total halaman mencapai 632 lembar.
 
Pada sampul depan terdapat motif mahkota yang terbuat dari emas dan perak serta ditutupi motif dasar perunggu berdiameter 14 cm. Proses pembuatan Alquran ini mencapai satu tahun.
 
Pemimpin Spiritual Tatarstan, Ildus Faizov, menuturkan kedatangan Alquran terbesar dunia ini merupakan hadiah istimewa bagi Muslim Rusia. "Melihat dari bentuknya saja, ini merupakan bentuk semangat syiar Islam di Rusia," kata dia seperti dikutipiqraa.com, Selasa (22/11).
 
Alquran ini selanjutnya akan ditempatkan di sebuah masjid di Kazan, Tatarstan. Pada musim panas nanti, Alquran raksasa ini dipindahkan ke Bolgary --wilayah Tatarstan yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

 
Sementara itu, Alquran terbesar dunia juga di miliki umat Islam Palembang. Alquran ini dibuat dari 315 papan kayu berukuran 1.77x 1.4 meter dan tebalnya mencapai 2,5 cm. Di Jawa Barat, sebuah pesantren juga memiliki Alquran terbesar dengan ukuran 2 x 1.4 meter.
Pada 2009, Pekan Buku Abu Dhabi menjual salinan Alquran terjemahan bahasa Indonesia berukuran 1.2 x 8 meter. Alquran ini juga terbesar di dunia.

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."