Wow...Gurita Ini Merangkak Keluar dari Air dan Berjalan-jalan di Daratan


Gurita secara harfiah hidup di dalam air. Namun seekor gurita merangkak keluar dari air di Fitzgerald Marine Reserve, dekat California, AS. Gurita ini muncul ke permukaaan dan secara perlahan berjalan menuju daratan.

Rekaman tentang gurita yang diambil oleh sebuah keluarga yang tengah berlibur itu kini laris manis di Youtube. Hingga hari ini, tercatat 3 juta lebih pengunjung yang melihat situs ini. 

Mula-mula, sang gurita memunculkan kepalanya sedikit di atas air. Tak berapa lama, ia terlihat mulai mengangkat kaki-kakinya ke daratan. 


Perlahan, ia berjalan di atas tanah. Pelan, tak tampak ketakutan. Dia seolah 'menikmati' acara jalan-jalannya, sebelum akhirnya kembali mencari air dan nyemplung lagi.

Gurita dikenal sebagai hewan laut dengan otak paling encer. Binatang ini dianggap paling 'cerdas' dibanding binatang laut lainnya. 

Peneliti di Fitzgerald Marine Reserve tak kaget lagi dengan 'kenakalan' gurita-gurita seperti dalam tayangan di Youtube itu. Mereka biasa melompat dari jala  ke lantai dan kemudian merangkak. "Kau akan mengejar mereka di bawah tangki, bolak-balik, seperti kau mengejar seekor kucing," kata [seorang peneliti di Middlebury College Alexa Warburton. "Ini sangat aneh!"

Gurita di penangkaran ini kerap melarikan diri dari kandang berair dengan frekuensi yang mengkhawatirkan. Mereka kerap menghilang dan  ditemukan di karpet, di sepanjang rak buku, di teko teh, dan di dalam akuarium ikan lain.



http://www.republika.co.id
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."