Mengapa Wanita Lebih Sering Mimpi Buruk?

Kaum wanita ternyata lebih sering mengalami mimpi buruk dibanding laki-laki. Dalam studi terbaru terungkap bahwa hanya 19 persen pria yang mengalami mimpi buruk lebih sedikit dibanding wanita yang 30 persen.

Perbedaan tersebut antara lain disebabkan karena hormon wanita yang memicu perubahan temperatur tubuh. Hormon-hormon yang berpengaru pada siklus menstruasi ini juga memicu mimpi yang lebih hidup dan tampak luar biasa.

Mimpi pada dasarnya berasal dari sistem limbik, area primitif di otak yang bertanggung jawab pada emosi yang kuat. Ketika kita tidur, area otak ini akan membersihkan hal-hal yang kita alami sepanjang hari. Proses ini menghasilkan mimpi dan mimpi buruk.

Ada berbagai jenis mimpi buruk yang bisa kita alami, tetapi secara umum seseorang akan merasakan gelisah saat tidur saat ia bermimpi dikejar-kejar monster, sosok hantu, atau orang asing yang menakutkan. 


Mimpi buruk lainnya antara lain gigi tanggal, mendadak Anda berada di depan orang banyak dengan kondisi telanjang, terjatuh dari gedung tinggi, mimpi meninggal, atau mengejar sesuatu sampai kelelahan. 

Menurut para ahli, seseorang cenderung akan mengalami mimpi buruk ketika hidup mereka sedang stres, punya masalah dengan orang lain, merasa tidak berdaya, serta merasa pekerjaan yang dijalani tidak pernah sempurna.

Berikut adalah 5 tema mimpi yang paling sering dialami seseorang.

1. Bermimpi terbang atau melayang tinggi

Arti: Anda akan melalui sebuah periode perubahan yang positif. Mimpi ini juga bisa diartikan bahwa Anda harus meningkatkan kemampuan tertentu yang selama ini dirasa masih kurang atau menjadi kelemahan.

2. Berdekatan dengan orang terkenal, rekan kerja, atau kekasih teman

Arti: Mimpi tersebut merupakan simbol dari keinginan tersembunyi yang tidak berani Anda inginkan di dunia nyata. 

3. Mendapatkan uang atau perhiasan

Arti: Ini bisa menjadi simbol sesuatu yang baik yang terjadi pada Anda dan tidak selalu berkaitan dengan uang. Bisa saja berupa "kekayaan" emosional, seperti merasa beruntung karena memiliki sahabat atau pasangan yang baik.

4. Berprestasi di sekolah

Arti: Kendati Anda sudah tidak menjadi murid sekolah namun sesekali kita bermimpi berada di sebuah sekolah. Ini bisa menjadi tanda Anda sedang menghadapi seseorang yang harus dipuaskan oleh prestasi, bisa bos di kantor, teman, atau pasangan. 

5. Berpenampilan cantik atau tampan

Arti: Mimpi ini bisa diartikan bahwa Anda sebenarnya sangat menginginkan rupa yang sempurna. Atau bisa juga secara tidak sadar Anda yakin bahwa sebenarnya memiliki kualitas kepribadian yang luar biasa.

Sumber :

Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."