ILUSTRASI PELAJAR DAN BELAJAR

Sadar atau tidak setiap dari kita(manusia) pasti dan akan selalu membutuhkan ilmu, yang walau butuh waktu yang lama dan panjang tuk bisa meraih yang banyak serta menurut kita terbaik bahkan bisa bermanfaat bagi orang laen. Apa jadinya manusia kalau hidup tampa ilmu, mungkin hidup kan terasa lebih sempit karna merasa tiada yang bisa dilakukan dengan keterbatasannya.

Keahlian, kelebihan dan kepintaran yang ada dalam diri kita sangat menentukan sejauh mana daya gerak dan ruang lingkup yang bisa kita capai. Makin banyak ilmu makin besar dan luas wilayah gerak manusia tersebut.

Dalam salah satu ayatNya ketika mengajarkan kepada Rasulullah saw pertama kali di dalam gua Hiro Allah swt. befirman :


Artinya : bacalah dengan nama tuhanmu yang telah menciptakanmu.

Rosulullah saw juga bersabda :

Artinya : menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslimin dan muslimah.

Ada banyak pelajaran pelajaran dan pendidikan yang kita peroleh dari hasil belajar, baik yang bermanfaat bagi diri kita sendiri bahkan lebh-lebih lagi buat orang lain, dengannya pula kita dengan mudah dapat melihat sendiri kekurangan-kerurangan dalam diri dan dengan mudah pula ada usaha tuk segera mengislah(memperbaiki) diri serta menambal segala kekurangan-kekurangan yang ada.marilah coba kita lihat dan tengok saudara-saudara kita yang masih sangat minim dengan ilmu, betapa sangat penuh mereka dengan kekurangan dan kesalahan.

Dalam salah satu bukunya imam Al Ghozali membagi manusia menjadi 4 golongan :

v Orang yang tidak tahu, tapi dia tidak tahu kalau dia tidak tahu.

v Orang yang tahu tapi dia dia tidak tahu kalau dia tahu

v Orang yang tahu dan dia tahu kalau dia tahu

v Orang yang tidak tahu dan dia tahu kalu dia tidak tahu, maka ajarilah ia.

Keberadaan ilmu dalam diri manusia benar-benar telah mengajarkan banyak hal yang belum manusia itu sendiri ketahui, yang jelasnya juga dengan diiringi oleh sebuah pengamalan yang bermanfaat, karna memang ilmu tampa amal bagaikan pohon tak berbuah.

Allah swt berfirman :

artinya : mengajarkan manusia tentang apa-apa yang belum mereka ketahui.

Pengamalan sebuah ilmu yang dimilikipun membutuhkan ilmu pula ternyata, yang mungkin banyak orang sebut ilmu ikhlas. Keikhlasan dalam beramal sangat menentukan seorang mendapat ridho dari Allah atau tidak.karna Rosulullah saw sendiri bersabda dalam salah satu hadistnya yang kurang lebih berbunyi :

Artinya : semua manusia dalam keadaan rugi kecuali orang-orang muslim dan orang-muslimpun semua dalam keadaan rugi kecuali yang melaksanakan perintah agama dan merekapun(yang melaksanakan perintah agama) rugi kecuali orang-orang yang ikhlas dalamn mengerjakannya.

Akhirnya saudara-saudaraku yang budiman, BERBURU KE PADANG RUMPUT, DAPAT RUSA BERBULU INDAH.KALAU INGIN HENDAKLAH PINTAR, TERUSLAH BELAJAR SUDAHLAH PASTI . . . . !!!!
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."