Hadis no 7 AGAMA ADALAH NASIHAT

Dari Abu Ruqayah Tamim bin Aus Ad-Dari ra., bahwasanya Nabi saw. bersabda: "Agama itu adalah nasihat." Kami bertanya: "Untuk siapa?" Rasulullah saw. menjawab: "Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin dan orang awam kaum Muslimin." [Rimayat Imam Muslim]

 
عَنْ أَبِي رقية تَمِيمٍ بن أوس الدَّارِيِّ رضي الله أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدِّينُ النَّصِيحَةُ قُلْنَا لِمَنْ قَالَ لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ [رواه مسلم]
Diriwayatkan oleh Muslim dalam Kitab Iman, Bab Penjelasan bahwa agama adalah nasihat.

Mutiara hadis:

  1. Perintah dan penekanan kewajiban memberi nasihat sehingga seakan-akan nasihat itu adalah eksistensi agama yang harus diperhatikan.
  2. Nasihat dapat disebut dengan agama atau Islam.
  3. Seorang guru yang alim seyogianya menyajikan masalah yang penting secara global terlebih dahulu, kemudian merincikannya untuk menarik perhatian pendengar, sehingga ia akan mencari keterangan tentang masalah yang global tersebut, pada akhirnya penjelasan itu akan lebih terserap dalam hatinya dan dapat diterima.
  4. Nasihat merupakan kewajiban atas setiap muslim dalam segala keadaan, zaman dan tempat.
  5. Nasihat buat pemimpin umat Islam terlaksana dengan membantu mereka dalam batas kebenaran dan menunjukkan kepada mereka apa yang mereka tidak ketahui atau mereka lalaikan serta menepati sumpah setia kepada mereka serta melaksanakan perintah mereka dalam batas-batas kebenaran.

Penjelasan singkat:

Nabi saw. menyampaikan bahwa agama Islam adalah agama yang lurus. Beliau telah memerintahkan untuk bersifat ikhlas dalam memberikan nasihat, untuk beriman dan mengakui keesaan Allah Taala serta membersihkan Zat Allah dari segala sifat kekurangan dan ketidaksempurnaan serta mengatributkan semua sifat kesempurnaan kepada-Nya. Alquran adalah kalamullah yang diturunkan, bukan makhluk yang kita harus amalkan hukumnya dan kita imani ayat-ayat mutasyabihnya. Kita juga telah diperintahkan untuk membenarkan kerasulan Muhammad saw. dan risalah yang dibawanya dengan menjunjung semua perintah dan menjauhi semua larangannya. Memberi nasihat kepada para pemimpin Islam dapat terlaksana dengan membantu mereka dalam kebenaran dan menunjukkan kepada mereka hal-hal yang mereka tidak tahu serta mengingatkan mereka masalah yang mereka lupa. Nasihat kepada umat Islam terlaksana dengan menunjukkan jalan kebenaran kepada mereka dan mencegah kejahatan mereka sebatas kemampuan kita, kemudian kita memerintahkan mereka untuk berbuat kebaikan dan melarang mereka melakukan kemungkaran. Nasihat yang paling sempurna dapat terlaksana bila kita menyukai bagi mereka seperti yang kita sukai bagi diri kita sendiri.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."