KALAU MEMANG JODOH GA AKAN KEMANA

Kalau memang jodoh ga akan kemana” adalah kata-kata yang pantas diucapkan oleh orang yang putus asa

Bismillahirrohmanirrohim….
“ innallah la yughoyyiru ma bi qoumin hatta yughoyyiru ma bianfusihim”
Artinya :
“Allah tidak akan pernah mengubah (nasib) suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubahnya”

Al-kisah, seorang pemuda dan pemudi yang dari orang tua sudah di tunangkan dan diharapkan tuk bisa bertemu dalam sebuah plaminan pada saatnya nanti tuk meniti sebuah keluarga yang sakinah, aminah dan mungkin akan meneruskan keturunan tentunya, singkat cerita sebuah masalah dan jurang pemisah timbul dan hadir ditengah hubungan itu dan akhirnya pisah (masalahnya mudah, ringan dan remeh, maaf tidak dapat kami ceritakan disini, Red), akan tetapi diam-diam si pemuda masih menaruh rasa dan harapan tuk kiranya bisa betemu dan melanjutkan hubungan tersebut, tapi sayang niat baik si pemuda tidak disambut baik dan hangat oleh si pemudi, dia menjawab sengan singkat, padat dan jelas “kalau memang jodoh ga akan kemana”.


Satu kisah lain kami angkat, seorang cewek dan cowok yang baru saja menjalin hubungan, belum lama dan masih sangat belia umur hubungannya, sekitar 2 minggu. Minggu awal mereka berhubungan kelihatan dan nampak sangat menjajikan serta erat sekali yang seakan tidak akan ada yang mampu mengubah dan merusak, dengan kesepakatan yang benar-benar matang tentunya. Tapi sayang diakhir minggu kedua hubungan itu harus berakhir juga dengan masalah yang jauh lebih ringan dan sepele dari kisah awal (lagi-lagi kami mohon maaf karna masalahnya tidak kami angkat disini, Red) . Singkat cerita, si cowok jelaslah sangat kaget dengan keputusan yang diambil oleh si cewek, tidak menyangka bahwa keputusan itu akan keluar dan terangkat keatas permukaan. Dalam konteks lain si cewek mengungkapkan dengan bahasa yang sama lagi “kalau memang jodoh ga akan kemana”. 

Mari kita lihat dan pahami bersama ayat diatas dan konteks dua cerita dibawahnya. sungguh tidak bisa pungkiri kalau memang jodoh itu berada ditangan Allah, swt. 3 hal yang tidak ketahui didunia ini, kapan, dimana dan dari mana ia datang: maut, rezeki dan jodoh, tapi tentunya dalam konteks Islam sungguh telah dijelaskan dan sering kita dengar, bahwasanya dalam mementukan sesuatu kita pulalah yang menetukannya sendiri, jodoh.

Sungguhpun demikian, kita tidak bisa dan tidak diperintahkan tuk hanya berdiam diri dalam menentukannya ataupun hanya berdoa serta kepercayaan, menunggunya datang dari langit, palagi dalam hal mencari rezeki, begitupun jodoh kami kira.

Dibutuhkan usaha, berdoa dan tawakkal dalam menentukan semua itu, danta’aruf adalah salah satu cara dan usaha kita dalam menentukan jodoh kita siapa. Tidak bisa hanya dengan berserah diri seraya berkata “kalau memang jodoh ga akan kemana”. Kami berani berkesimpulan kalau kata-kata ini hanya dilontarkan oleh orang-orang putus asa saja, menyerahkan segala macam urusan kepada Allah tampa dibarengi oleh usaha dan cara.

Masalah pastikan datang, kapan dan dimanapun kita berada. Kita sebagai manusia tidak bisa menghindar dan lari dari masalah tersebut, karna sebenarnya dari masalah inilah kedewasaan dan akal pikiran kita dibuka. Jangankan pada orang yang baru berhubungan (Ta’aruf), pada orang yang sudah berkeluargapun masalah kerap kali datang dan mencoba kedewasaan keluarga tersebut. Dari sinilah kita saling dan bisa memahami pasangan kita masing-masing, dari segi sifat, sikap dan tingkah lakunya. Saling melengkapi dan menutupi segala macam kekurangan yang ada, saling mengingatkan satu sama lain.

Namun dalam berhubungan (Ta’aruf) kalau memang kita benar-benar merasa ga sreg atau kurang cocok dengan apa yang ada dalam diri pasangan kita, barulah kiranya kita mengambil sebuah kesimpulan, bukan dengan kata-kata “kalau memang jodoh ga akan kemana” Lagi tapi dengan kata yang lebih pantas, misalnya “ kayaknya kita ga cocok, maaf”

Jadi, para pembaca yang budiman. Sekali lagi kami katakan disini, kalau ucapan “kalau memang jodoh ga akan kemana”, adalah kata yang dilontarkan oleh orang-orang yang putus asa saja.

Sedangkan Allah berfirman:
“ wala taiasuu min ruuhillah”
artinya :
janganlah kamu berputus asa dengan (janji) Allah…

wallahu a’lam bishowab…..!!!

(yang mau menyangah atau berpendapat lain,silahkan kami tunggu dengan hati terbuka dan senyuman, terima kasih) 


Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."