Hadis no 36 KEUTAMAAN MENCUKUPI KEBUTUHAN KAUM MUSLIMIN


Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, "Barangsiapa yang melapangkan suatu kesusahan seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepaskan dirinya dari suatu kesusahan dari kesusahan-kesusahan di hari kiamat. Dan barangsiapa yang meringankan penderitaan seorang yang susah, niscaya Allah akan meringankan penderitaan dirinya di dunia dan di akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya di akhirat. Dan Allah selalu menolong hamba-Nya, selagi hamba-Nya berusaha menolong saudaranya. Barangsiapa yang menuju satu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan suatu jalan baginya menuju ke surga. Dan tidak berkumpul suatu kelompok manusia dalam suatu rumah dari rumah-rumah Allah, yang mana mereka membaca Kitabullah dan mempelajarainya sesama mereka, melainkan akan diturunkan ketenteraman di atas kumpulan mereka, diliputi oleh rahmat., dikelilingi oleh para Malaikat dan disebut oleh Allah kepada siapa yang ada pada-Nya. Barangsiapa yang amalannya lambat, marganya tidak akan mempercepatnya (menyampaikannya ke derajat kesalehan). [Riwayat Muslim]

 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ [رواه مسلم]
Muslim meriwayatkannya dalam Kitab Doa, Bab Keutamaan berkumpul untuk membaca Alquran dan zikir.

Mutiara hadis:

  1. Keutamaan orang muslim yang membantu muslim lain dari jeratan kesulitan atau pun musibah.
  2. Keutamaan memenuhi hajat kaum muslimin dan memberikan kebaktian kepada mereka dengan tenaga, harta, perkataan dan hal lain yang dapat dikerjakan.
  3. Anjuran menutupi aib orang muslim yang tidak biasa melakukan kejahatan dengan menasihati agar ia segera berhenti dari perbuatan dosa itu.
  4. Balasan yang diberikan Allah swt. terkadang sama dengan amal perbuatan yang kita kerjakan sesuai dengan yang diterangkan dalam hadis ini.
  5. Kewajiban memberikan bantuan kepada sesama muslim untuk melaksanakan suatu kegiatan yang mendatangkan kebaikan bagi dirinya atau untuk melanjutkan suatu amal saleh yang berat dilaksanakan.
  6. Keutamaan mencari ilmu dengan mengembara dari satu negeri ke negeri yang lain.
  7. Keutamaan berkumpul di mesjid untuk membaca dan mempelajari Alquran bersama-sama karena akan diliputi dengan rahmat dan malaikat akan ikut hadir bersama.
  8. Harga diri, kemuliaan dan kebahagiaan hanya dapat dicapai dengan amal saleh, bukan dengan keturunan dan kedudukan.
  9. Semua mesjid itu adalah rumah Allah swt.
  10. Dalam menggapai kebahagiaan, seorang mukmin pasti akan mengalami cobaan dan kesulitan.

Penjelasan singkat:

Hadis ini menerangkan bahwa orang yang menolong sesama muslim mengatasi musibah yang menimpa dirinya, mempermudah kesulitannya, atau menutupi cacatnya, maka Allah swt. akan memberikan balasan yang sejenis kepadanya, dengan memberikan kemudahan di dunia dan di akhirat karena ia telah membantu saudaranya menghadapi masalah yang berat. Barang siapa yang menempuh suatu jalan, seperti berjalan menuju tempat-tempat zikir atau majelis taklim untuk mempelajari ilmu agama atau menempuh jalan maknawi demi memperoleh ilmu, seperti menelaah, merenungi dan memahami materi yang diberikan kepadanya dan lain sebagainya dengan niat suci, Allah swt. akan memberikan kemudahan kepadanya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang dapat mengantarkannya ke surga. Orang-orang yang berkumpul di salah satu rumah Allah swt. untuk membaca dan mempelajari Alquran, akan mendapat limpahan rahmat dan ketenangan dari Allah swt. dan akan ditemani oleh malaikat serta Allah swt. akan membanggakan mereka di hadapan malaikat-malaikat langit yang lain. Kemuliaan hanya dapat dicapai dengan amal saleh, bukan dengan keturunan dan kedudukan.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."