Hadis no 23 SEBAB-SEBAB SELAMAT DARI NERAKA



Dari Abu Malik Al-Harits bin Ashim Al-Asyari r.a, berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Bersuci adalah setengah iman, Alhamdullilah memenuhi timbangan, Subhanallah dan Hamdullilah memenuhi ruangan antara langit dan bumi, sembahyang itu cahaya, sedekah itu bukti, sabar itu sinar dan Alquran itu dalil bagimu atau atasmu. Setiap manusia berusaha, ada yang menjual dirinya, ada yang membebaskannya dari azab dan ada yang membinasakannya." [Riwayat Muslim]

 
عَنْ أَبِي مَالِكٍ عاصم الْأَشْعَرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلأ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلآَنِ أَوْ تَمْلأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَائِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا [رواه مسلم]
Muslim meriwayatkannya dalam Bab Bersuci dan keutamaan bersuci.

Mutiara hadis:

  1. Penekanan iman akan adanya hari penimbangan amal perbuatan manusia pada hari kiamat.
  2. Keutamaan bersuci sebagai setengah dari keimanan.
  3. Keutamaan bertasbih dan bertahmid.
  4. Menerangkan betapa besar pahala salat, sedekah dan sabar.
  5. Siapa yang mengamalkan Alquran akan dibimbing ke jalan menuju surga dan siapa yang berpaling dan tidak mengamalkannya akan dilemparkan ke api neraka.
  6. Setiap orang hanya berusaha demi kesengsaraan atau pun kebahagiaan dirinya, yaitu hanya dua kemungkinan tersebut.

Penjelasan singkat:

Hadis ini memberikan petunjuk kepada kita bahwa orang yang membersihkan hatinya dari segala bentuk keraguan dan akidah yang sesat serta membersihkan dirinya dari semua kotoran, berarti memperoleh setengah keimanan. Pahala memuji Allah swt. dapat memenuhi timbangan kebaikan sedangkan pahala tasbih dan tahmid dapat memenuhi seluruh penjuru langit dan bumi, karena orang yang mengucapkan "alhamdulillah", berarti telah memuji Tuhan dengan semua sifat kesempurnaan dan keagungan-Nya, sedangkan orang yang mengucapkan "subhanallah", berarti ia telah menyucikan Allah swt. dari semua sifat kekurangan, aib dan sifat tercela lainnya. Salat merupakan cahaya petunjuk bagi manusia di dunia dan akhirat, sedangkan sedekah merupakan bukti kekuatan iman. Adapun kesabaran seorang hamba dalam mengerjakan amal ketaatan kepada Allah swt. dan dalam menanggung semua fitnah dan penderitaan dapat menambah cahaya hatinya sehingga ia sabar terhadap cobaan yang diturunkan Allah swt. untuk menguji keimanannya. Setiap manusia berusaha demi kepentingan dirinya, namun di antara mereka ada yang menjualnya kepada Allah swt. dengan ketaatan sehingga dia bebas dari siksa api neraka pada hari kiamat, ada pula yang menjual dirinya kepada setan dan hawa nafsu, sehingga dia akan menderita kesengsaraan pada hari kiamat, malah terkadang siksaannya diterima ketika ia masih hidup di dunia.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."