Hadis no 13 DI ANTARA KEUTAMAAN IMAN

Dari Abu Hamzah, Anas bin Malik r.a, pembantu Rasulullah saw. meriwayatkan dari beliau, bahwa beliau saw. bersabda, "Seseorang dari kamu tidak akan beriman (dengan sempurna), sehingga mencintai saudaranya sama seperti mencintai dirinya sendiri." [Disepakati oleh Bukhari dan Muslim]

 
عَن أبِي حَمْزَةَ أَنَسٍ بنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ خَادِمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ [متفق عليه]
Bukhari meriwayatkannya dalam Kitab Iman, Bab Termasuk dalam Iman Bahwa seseorang mencintai saudaranya. Sedang Muslim meriwayatkannya dalam Kitab Iman, Bab Dalil bahwa salah satu sifat iman adalah bahwa seseorang harus mencintai saudaranya dalam kebaikan sama dengan mencintai dirinya.

Mutiara hadis:

  1. Di antara tanda kesempurnaan iman seseorang adalah mencintai sesuatu untuk orang lain seperti ia mencintainya untuk dirinya sendiri.
  2. Seorang muslim harus membenci kejahatan yang terjadi pada orang lain seperti ia membencinya apabila terjadi pada dirinya sendiri.
  3. Seorang muslim seyogianya membimbing orang lain ke jalan kebaikan serta memperingati mereka dari jalan yang dapat merusak diri mereka.

Penjelasan singkat:

Hadis ini menunjukkan bahwa orang muslim yang baik, harus mencintai sesuatu untuk orang lain seperti ia mencintainya untuk dirinya sendiri. Kecintaan ini berarti meluangkan waktu untuk orang lain dalam segala masalah yang bermanfaat untuk kehidupan agama atau dunia, sekaligus memberikan nasihat, menunjukkan jalan kebaikan, amar makruf nahi mungkar dan lain-lain yang dia sukai untuk dirinya sendiri ia tunjukkan pula kepada orang lain. Sedangkan yang ia tidak sukai karena mengandung kemudaratan, maka harus dijauhkan dari mereka baik dengan perkataan, perbuatan atau dengan harta. Inilah yang dimaksud dengan kecintaan yang disebutkan dalam hadis, bukan cinta seperti bapak kepada anaknya.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."