Hadis no 14 HARAMNYA PENUMPAHAN DARAH SEORANG MUSLIM

Dari Ibnu Masud r.a, berkata: Rasulullah saw. bersabda: "Darah seorang Muslim tidak dihalalkan, kecuali karena adanya salah satu dari tiga alasan; janda atau duda yang berzina, jiwa dengan jiwa (membunuh tanpa alasan yang dibenarkan) dan orang yang meninggalkan agamanya dan memisahkan diri dari jemaah kaum Muslimin." [Disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim]

 
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلاَّ بِإِحْدَى ثَلاَثٍ النَّفْسُ بِالنَّفْسِ وَالثَّيِّبُ الزَّانِي وَالْمَارِقُ مِنْ الدِّينِ التَّارِكُ لِلْجَمَاعَةِ [متفق عليه]
Bukhari meriwayatkannya dalam Kitab Diat (denda). Muslim meriwayatkannya dalam Kitab Pembagian, Perusak, Kisas dan Diat.

Mutiara hadis:

  1. Pezina yang sudah kawin dirajam dengan batu sesuai dengan hadis ini.
  2. Siapa yang membunuh orang dengan sengaja tanpa alasan, maka harus dikisas.
  3. Orang yang keluar dari agama Islam (murtad) halal dibunuh.
  4. Orang yang tidak melakukan salah satu dari tiga perkara di atas, maka tidak boleh dibunuh.

Penjelasan singkat:

Nabi saw. menjelaskan bahwa tidak boleh menumpahkan darah orang muslim yang terjaga kehormatannya karena darah seorang muslim tidak halal kecuali setelah dia melakukan salah satu dari tiga perkara, berzina setelah kawin baik lelaki maupun perempuan, membunuh orang lain yang terjaga kehormatannya, keluar dari agama atau memisahkan diri dari jemaah Islam dengan meninggalkan Islam dan syiar-syiarnya baik ia masuk ke dalam agama lain atau tidak selama ia terang-terangan meninggalkan Islam. Setiap muslim harus menjaga agama, nyawa, harta dan menjauhkan diri dari yang diharamkan. Dalam hadis disebutkan ancaman yang keras di akhirat bagi orang yang melakukan salah satu dari tiga perbuatan itu. Semoga kita terhindar dari segala cobaan.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."