ADA APA DENGAN MENCOBA....???

Allah swt berfirman :

Yang artinya : sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Sering kali keterbatasan-keterbatasan yang ada pada diri manusia membuatnya tidak percaya diri dan bahkan merasa terkucilkan sendiri oleh teman-temannya, pada kalualah kita mau berpikir dan pertimbangkan kembali sesungguhnya setiap dari manusia manusia memiliki kelebihan masing-masing jadi tak perlu harus merasa ragu ataupun takut salah, karna kalaupun kita salah itu sudah wajar karna memang kita selaku manusia ciptaan Allah tiada yang sempurna sepenuhnya.

Akan tetapi perlu kita sebagai manusia juga menggaris bawahi kalau segala yang ada dalam diri kita masing-masing tersebut bergantung sungguh pada usaha yang telah kita usahakan sendiri. Yang jelasnya juga bukan datang dengan sendirinya dengan hanya berpangku tangan.


Ada banyak diantara kita yang sebenarnya memiliki kelebihan dan pengalaman walaupun itu cuma hanya sedikit, akan tetapi karna keterbatasan pikiran dengan dilandasi rasa takut salah maka iapun mundur dan tidak mau mengembangkan apa yang ada dalam dirinya sehingga ilmunya pun menjadi ilmu yang terpendam dan tinggal nama yang pada akhirnya hilang begitu saja tampa ada bekas, pengangguranoun bertambah satu oran lagi.

Akankah kejadian seperti ini menimpa dan melanda diri kita begitu saja? Jawabnya tentu tidak. Terus langkah apa yang harus kita kerjakan tuk lakukan tuk menghidari semua ini? MENCOBA adalah jawaban yang paling tepat tuk semua ini, palagi mumpung sekarang kita masih dalam tahap belajar, salah adalah hal yang amat angat lumrah dan masih banyak waktu tuk memperbaikinya, orang-orang sekitar kitapun belum terlalu menilai dan memperhatikan kita. Coba kita pikir kalau saja kita baru mencoba setelah kita selesai sekolah kelak dan kemudian kita salah, sorotan dari masyarakatpun akan datang dari berbagai arah seakan membisik dan kemudian berteriak "goblok lo".

Kalaulah kita mau mengaca pada orang terdahulu dan mengikuti langkah-langkah yang mereka tempuh sampai mereka mencapai ketenaran dan namupun tercatat dalam sejarah dunia, maka kita akan menemukan sebuah perjalanan pajang yang penuh dengan percobaan. kita angkat saja james watt, beliau mencoba ratusan kali dulu sampai baru bisa benar-benar berhasil tuk menemukan bola listrik. Dan walaupun sudah bekali-kali gagal, putus asakah beliau? Ternyata tidak. Wal hasil, walaupun orangnya sudah ratusan tahun lalu meninggal, tapi nama dan jasanya tetap ada bahkan tercatatat sebagai tokoh dunia.

Sekali lagi jangan pernah menganggap diri kita rendah dan penuh kekurangan sana-sini atau mungkin putus asa dengan hanya baru mencoba beberapa kali, selama masih ada umur,waktu dan masih banyak kesempatan, berkaryalah dan teruslah mencoba karna kita akan baru tahu lebih dan kurangnya diri setelah mencoba.

"Coba dan perhatikanlah, pasti kamu akan tahu."

Putus asa dan berhenti mencoba bukanlah jalan yang benar untuk menyelesaikan sebuah masalah hidup, bahkan akan membawa kita ke jalan kemelaratan dan penyesalan yang tiada hentinya. Tah sudah berapa ribu kepala yang menyesali karna kurang memanfaatka masa mudanya dengan baik dan benar, akankah angka ini terus bertambah disetiap saatnya, atau mungkin kita ingin turut ikut serta berkabung bersama mereka? Baiknya kita kembalikan pada diri kita masing-masing.
Wallau 'Alam bishowab....
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."