Hadis no 26 CARA MEMPEROLEH KEBAIKAN


Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Nabi saw. bersabda, "Setiap persendian manusia, dikenai kewajiban sedekah, setiap hari ketika terbit matahari. Bertindak adil antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang naik ke atas hewan tunggangan atau menaikkan barang-barangnya ke atas punggung hewan tunggangnya adalah sedekah. Kalimat thayyibah (perkataan yang baik) adalah sedekah, setiap langkah menuju salat adalah sedekah, dan menyingkirkan sesuatu yang bisa membahayakan dari jalan adalah sedekah." [Disepakati oleh Bukhari dan Muslim]

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ سُلاَمَى مِنْ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيهِ الشَّمْسُ يَعْدِلُ بَيْنَ الِاثْنَيْنِ صَدَقَةٌ وَيُعِينُ الرَّجُلَ عَلَى دَابَّتِهِ فَيَحْمِلُ عَلَيْهَا أَوْ يَرْفَعُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ وَكُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَيُمِيطُ الْأَذَى عَنْ الطَّرِيقِ صَدَقَةٌ [متفق عليه]
Bukhari meriwayatkannya dalam Kitab Perdamaian, Bab Keutamaan Mendamaikan antara manusia, juga dalam Kitab Jihad, Bab Keutamaan membawa barang teman dalam perjalanan. Muslim meriwayatkannya dalam Kitab Zakat, Bab Kata Sedekah mencakup semua kebaikan.

Mutiara hadis:

  1. Susunan kerangka dan persendian seorang manusia merupakan nikmat Allah swt. yang sangat besar yang diberikan kepadanya yang harus disyukuri dan dibayar sedekah (zakatnya).
  2. Sunah mengerjakan salat-salat sunah setiap hari secara kontinyu.
  3. Bersedekah tidak harus selalu dengan harta tetapi bisa juga berupa amal perbuatan.
  4. Keutamaan menciptakan kerukunan dan menyelesaikan pertikaian di antara manusia dengan adil.
  5. Perintah menghadiri salat berjemaah.
  6. Perintah menyingkirkan segala sesuatu yang dapat mengganggu orang dari jalanan.
  7. Perintah untuk bersikap sopan, santun dan berbudi luhur.

Penjelasan singkat:

Lewat hadis ini Nabi saw. memberitahukan bahwa seseorang harus membayar zakat (sedekah) setiap hari untuk setiap anggota tubuhnya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah swt. yang telah menyusun dan menciptakan jasadnya secara lahir dan batin dengan baik dan sempurna. Jika Allah swt. berkehendak, niscaya Ia dapat mencabut kembali nikmat tersebut sehingga manusia tidak dapat bergerak dan tidak dapat menjalankan tugas keagamaan dan keduniaan. Oleh sebab itu, seorang hamba harus bersyukur dengan memberikan sedekah supaya nikmat itu tetap didapatkan. Begitu juga setiap amal yang baik, seperti mendamaikan antara pihak yang bersengketa, memutuskan perkara dengan adil, menyebarkan salam, berbicara dengan baik, memberikan bantuan kepada pihak yang membutuhkan dan menasihati kaum muslimin dengan perkataan dan perbuatan, semuanya merupakan sedekah.
Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."