Heboh Air Zam-zam yang Mengandung Arsenik

Air zam-zam adalah salah satu air suci bagi umat muslim. Namun pada awal Mei 2011, muncul kabar di Eropa bahwa air zam-zam yang diambil dari Mekkah dan dijual di Inggris terbukti mengandung arsenik, zat beracun yang mematikan. Umat pun dibuat heboh, tapi untungnya itu hanya bersifat per kasus saja.

Heboh itu bermula dari penelitian tim BBC yang dipubliksikan awal Mei 2011 dengan melakukan penyelidikan terhadap air zam-zam yang dijual di toko buku muslim di Wandsworth (sebelah barat London), Upton Park (London timur) serta di Luton, Bedfordshire.

Untuk menyelidiki hal ini, BBC meminta peziarah untuk mengambil sampel dari keran yang terhubungan dengan sumber air zam-zam di Mekkah lalu membandingkannya dengan air zam-zam yang dijual secara ilegal di Inggris.


Hasil yang didapatkan menunjukkan kadar nitrat yang tinggi dan bakteri berbahaya, serta adanya arsenik pada tingkat yang 3 kali lebih tinggi dari batas maksimum yang diijinkan seperti air zam-zam yang dijual ilegal di Inggris.

Berita air zam-zam yang tercemar racun di Inggris ditanggapi serius oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Karena bagaimana pun air zam-zam begitu melegenda dalam kehidupan umat muslim di Indonesia. Tidak sah rasanya pulang dari Haji tanpa membawa air suci tersebut.

Jamaah rela berepot-repot membawa air zam-zam dari Mekkah meskipun di beberapa pasar di Indonesia seperti Pasar Tanah Abang sudah banyak dijual air zam-zam tersebut. Untuk melindungi konsumen di Indonesia, BPOM pun menguji sampel air zam-zam yang dibeli di Pasar Tanah Abang.

Hasilnya, air zam-zam yang dijual aman dikonsumsi. Jumlah kandungan arseniknya masih memenuhi syarat dan aman. BPOM pun menghimbau bagi masyarakat yang ingin memastikan kualitas air zam-zam yang dimilikinya bisa langsung mengecek di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Pada dasarnya, air zam-zam yang berasal dari sebuah mata air suci di sekitar Masjidil Haram termasuk air tanah yang kaya akan mineral. Dibandingkan air bersih yang diperoleh dari sumber lain di Arab Saudi, air tanah memiliki kandungan mineral paling tinggi.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Dr Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian dari King Saud University menemukan bahwa salah satu kelebihan air zam-zam adalah memiliki kandungan mineral khususnya fluoride yang lebih tinggi. Air Zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sementara yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm.

Bagi manusia, kadar fluoride yang tinggi dalam air minum bisa memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kekurangan fluoride bisa memicu gigi keropos atau dental caries yang jika memburuk bisa memicu infeksi pada gusi.

Dugaan yang muncul adalah, kemasan air zam-zam lah yang membuat air suci itu terkontaminasi.


Category:

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."