Hampir Sekujur Tubuh Bayi Ini Bersisik

(Foto: Jaka Samudra)

Indah Permataningrum, seorang bayi di Pasuruan, Jawa Timur, memiliki keanehan. Kulit di sekujur tubuhnya hampir seluruhnya bersisik. Dia pun hingga menapak usia 1 tahun belum bisa berjalan karena kakinya membengkak.

Sungguh malang memang nasib yang dialami warga Dusun Lor Embong, Desa Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ini. Apalagi orangtuanya seolah pasrah mengusahakan pengobatan lantaran himpitan ekonomi.

Alhasil Indah hanya mengisi waktunya dengan penderitaan di gendongan dan tempat tidur di rumah neneknya, Suli.


Suli menjelaskan, awalnya cucunya sakit panas lalu kejang-kejang saat berumur 4 bulan. Segala macam pengobatan sudah ditempuh baik lewat orang pintar atau dukun dan bidan setempat serta Puskesmas. Namun usaha-usaha yang dilalui tak kunjung berhasil, bahkan kulit Indah terus mengelupas dan mengeluarkan sisik baru. “Awalnya sakit panas terus keluar bintik-bintik merah,” ujar Suli.

Ratih Renata, dokter Puskesmas Nguling, Pasuruan, menjelaskan bahwa Indah menderita penyakit dramatitis yang disebabkan alergi kulit.

Untuk penanganannya harus dirawat  dengan kondisi steril di poli anak. Namun yang menjadi kendala nenek Suli belum punya ongkos untuk pengobatan cucunya. Penghasilannya dari menjadi buruh pencari rumput hanya pas-pasan untuk makan sehari-hari.

0 komentar:

Post a Comment

"Komentar anda sangat bermanfaat untuk perkembangan blog ini. Jangan lupa adab berkomentar, dan jangan buang waktu untuk spam. Terima Kasih!!!."